Johan Rosihan Gelar Bimtek Peningkatan Kapasitas Petani dan Pelaku Hortikultura di Kabupaten Bima
Cari Berita

Johan Rosihan Gelar Bimtek Peningkatan Kapasitas Petani dan Pelaku Hortikultura di Kabupaten Bima

Sabtu, 22 Juni 2024

Bima, PENANEWSt - Anggota Komisi IV DPR RI Fraksi PKS, H Johan Rosihan, ST, Dapil NTB I (Pulau Sumbawa) membuktikan kinerjanya memfasilitasi Petani dengan banyaknya program dan bantuan.

Pelaksanaan Bimbingan Teknis (Bimtek) bagi petani di Kabupaten Bima, berlangsung di Hotel Lila Ghara Kota Bima, Jum'at pagi, (21/06/2024)

Kegiatan Bimtek ini dihadiri Direktorat Jenderal Hortikultura, Kementerian RI, bersama Dinas Pertanian Kabupaten Bima, Anggota DPR RI dari Komisi IV yang membidangi pertanian, kelautan, kehutanan dan Bulog H Johan Rosihan.

Acara bimtek ini dibuka, secara resmi oleh Bapak Johan Rosihan.

Yang diiawali sambutan Kadis Pertanian Kabupaten Bima yang diwakilkan Kabid Perkebunan dan Hortikultura, di lanjut sambutan Direktorat Jenderal Hortikultura, Kementerian RI.

Dalam sambutan H Johan Rosihan mengaku senang bisa menjumpai petani yang ada di Bima. Karena sudah beberapa bulan ini usai Pileg yang lalu.

“Selama di Komisi IV saya berkomitmen untuk menjadi jubir rakyat dalam memperjuangkan hak-hak petani yang ada di Pulau Sumbawa,” IngkapJohan Rosihan.

Terkait program holtikultura atau kampung buah, Johan mempersilahkan rekan-rekan peserta Bimtek serta desa-desa untuk mengjukan desanya sebagai kampung buah.

“Silahkan perdesa mengajukan kawasan desa mana yang pas, karena ada 10 hektar perdesa untuk pengembangan kampung buah,” ungkap Johan.

Hal senada juga disampaikan Ibu Atin Selaku Perwakilan Hortikultura, Kementerian RI dalam sambutannya.

Ia mengatakan Program Bimtek ini adalah untuk Peningkatan Kapasitas Petani atau Pelaku Usaha Hortikultura.

“Adapun Materi Bimtek ini mengenai Teknologi Budidaya Durian Ramah Lingkungan dan Teknologi Budidaya Kelengkeng Ramah Lingkungan,” terangnya

Peserta sangat antusias dan bersemangat karena Bimtek yang dilakukan secara tatap muka langsung ini menampilkan dua narasumber yang sangat luar biasa dan ini menjadikan penyemangat.

Salah satu narasumber dari Pertanian Kabupaten Bima, dan saya sendiri.

Bu Atin memaparkan kesukses menjadi petani, baik secara teknis maupun pemasarannya. Dengan keuletan serta semangat membuat Agrowisata tanaman buah Kelengkeng.

Ia berharap semoga melalui Bimtek ini akan memotivasi para petani khususnya di Kabupaten Bima bersemangat belajar untuk meningkatkan kapasitasnya dan menumbuhkan perekonomiannya.

“Salah satu alternatifnya dengan membuat Agrowisata tanaman buah durian maupun kelengkeng seperti yang disajikan dalam Bimtek ini,” harapnya

Acara Bintek ini sukses  berlangsung lancar sampai akhir.