Pj. Wali Kota Bima H. Muh. Rum, Hadiri APEKSI di Balikpapan Kaltim
Cari Berita

Pj. Wali Kota Bima H. Muh. Rum, Hadiri APEKSI di Balikpapan Kaltim

Selasa, 04 Juni 2024

PENANEWS NTB, Balikpapan – Penjabat (Pj) Wali Kota Bima Ir. H. Mohammad Rum, MT didampingi Sekda Kota Bima Drs. H. Muhtar, MH, Kepala Bappeda, Kadis Pariwisata, Kadis Kominfotik, Kadis Koperindag, Kadis Pertanian dan Kabag Prokopim Kota Bima, menghadiri acara Assosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (APEKSI) yang dipusatkan di Kota Balikpapan Kalimantan Timur.

Presiden Republik Indonesia Ir. H. Joko Widodo (Jokowi), hari ini selasa (4/6/2024), direncanakan membuka Rapat Kerja Nasional (Rakernas) APEKSI ke XVII tahun 2024 di Kota Balikpapan yang sekaligus merupakan beranda Ibu Kota Nusantara (IKN).

Kegiatan APEKSI berlangsung mulai tgl 3-5 Juni 2024, diawali dengan wellcome dinner sebagai sambutan tuan rumah Walikota Balaikpapan. Besok tanggal 5 Juni dijadwalkan para Walikota peserta APEKSI akan berkunjung ke IKN.

Rangkaian kegiatan APEKSI, juga akan ada Karnaval Budaya Nusantara yang akan dilaksanakan di kawasan BSSC Dome pada 5 Juni 2024. 

Sejumlah agenda lain yang akan dilaksanakan, Presiden Jokowi selama dua hari ke depan, mulai dari membuka Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Apeksi XVII, meresmikan sejumlah bangunan, hingga groundbreaking gedung-gedung yang mendukung pembangunan IKN.

Beberapa agenda yang akan dihadiri Presiden Jokowi antara lain pembukaan Rakernas APEKSI, peresmian Persemaian Mentawir dan Bendungan Sepaku Semoi, peninjauan pembangunan RS Mayapada, groundbreaking Astra Biz Center, Sekolah Islam Al Azhar, Gedung Universitas Gunadarma, serta peninjauan Kantor Presiden dan/atau Sumbu Kebangsaan.
Selanjutnya, Presiden juga akan meresmikan groundbreaking Kantor BTN, Nusantara Sustainability Hub, Bina Bangsa School, Arena Graha Andalan, PLN Hub dan peninjauan LKBN Antara. Selain itu, Presiden Jokowi juga akan menghadiri Gala Dinner bersama Apeksi serta bersilaturahmi dengan tokoh agama, tokoh masyarakat, dan tokoh adat Kaltim.

Dalam kunjungan kali ini, Presiden Jokowi didampingi Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian, Menteri PUPR sekaligus Plt Kepala Otorita IKN Basuki Hadimuljono, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, dan Menteri LHK Siti Nurbaya.

Hadir menyambut kedatangan Presiden Jokowi juga Pangdam VI Mulawarman Mayjen TNI Tri Budi Utomo, Kapolda Kaltim Irjen Pol Nanang Avianto, Danrem 091 ASN Brigjen TNI Anggara Sitompul, Danlanal Balikpapan Kolonel Laut (P) Edi Kuswanto dan Danlanud Dhomber Balikpapan Kolonel Pnb David Ali Hamzah.

Kunjungan kerja Presiden Jokowi kali ini tentunya akan menjadi sorotan publik, terutama terkait perkembangan pembangunan IKN di Kalimantan Timur.